nusakini.com--Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa terkait dengan keseluruhan kebijakan yang dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) kepala daerah sudah berjalan dengan baik. 

Hal ini menurut Mendagri telah adanya koordinasi yang telah dilakukan antara Plt dengan DPRD maupun Gubernur dan Wakil Gubernur. 

"Dari hasil evaluasi sampai akhir Januari seluruh Plt. sudah berjalan dengan baik," ungkap Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jakarta Sabtu (28/1) 

Termasuk menurut Mendagri Provinsi DKI Jakarta, Bangka Belitung, dan Sulawesi Barat. Mendagri menyebutkan masing-masing Plt tidak ada yang melanggar aturan dan mekanisme sebagai Plt. 

Terkait dengan Plt DKI Jakarta, Sumarsono, Mendagri menilai kritikan atas kebijakan Plt. tersebut kembali bagaimana masyarakat yang menilai. 

Masing-masing Plt. sudah bersumpah bahwa setiap keputusan yang diambil telah dikoordinasikan dengan DPRD, Gubernur dan Wakil Gubernur yang sedang menjalankan cuti kepala daerah. 

"Soal Plt. Sumarsono yang banyak dikritik itu hak masyarakat untuk menilai, semua sudah dikoordinasikan dengan baik, soal tidak puas, ini faktor gaya saja," ujar Tjahjo. 

Bahkan, Mendagri juga menyebutkan masing-masing Plt sudah meminta izin kepada Mendagri dan sudah dikonsultasikan dan tidak adanya pelanggaran. 

"Soal puas atau tidak itu relatif masyarakat, yang penting kebijakan Pelaksana Tugas tidak ada yang melanggar," tegas Tjahjo.(p/ab)